Makanan Penyebab Rematik, dari yang Digoreng hingga Terlalu Asin

Rabu, 15 Desember 2021 - 22:00 WIB
loading...
Makanan Penyebab Rematik, dari yang Digoreng hingga Terlalu Asin
Terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita rematik agar tidak memicu peradangan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Makanan penyebab rematik wajib dihindari para penderitanya. Penyakit ini menyerang area persendian yang mengakibatkan peradangan kronik dan rasa nyeri yang hebat pada sendi-sendi.

Rematik adalah penyakit inflamasi kronis yang belum diketahui penyebabnya. Salah satu cara untuk mengatasi rematik melalui diet .

Meski tidak terbukti melalui uji klinis, banyak orang merasa lebih baik dengan gejala yang lebih sedikit. Itu terjadi apabila mereka menghindari mengonsumsi makanan tertentu yang bisa memicu peradangan.

Baca juga: Deddy Corbuzier Kenang Laura Anna sebagai Sosok yang Menginspirasi

Apa saja makanan pemicu rematik? Berikut jenis makanan yang harus dihindari penderita rematik sebagaimana mengutip Healthgrades, Rabu (15/12/2021).

1. Makanan yang Digoreng dan Asam Lemak Omega-6

Makanan penyebab rematik yang pertama adalah makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dengan minyak mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi daripada makanan yang dipanggang atau direbus. Lemak jenuh ini meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Hindari sebisa mungkin margarin, mentega, mentega, lemak babi, dan minyak kelapa. Selain minyak itu sendiri, cara memasak atau menggorengnya dapat menyebabkan peradangan. Misalnya panas tinggi dalam menggoreng daging, melepaskan produk akhir glikasi tingkat lanjut (AGEs) tingkat tinggi, yang juga dapat menyebabkan peradangan.

Asam lemak omega-6 ditemukan dalam minyak yang digunakan untuk menggoreng, seperti minyak sayur dan minyak jagung.

2. Karbohidrat dan Gula Halus
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)